Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Awal Puasa Ramadhan 2024 Jatuh Tanggal Berapa? Cek Di Sini

- Advertisement -

SuaraPemerintah.ID Penentuan tanggal awal puasa Ramadhan bergantung pada pengamatan hilal, yaitu pengamatan bulan sabit baru setelah terbenamnya matahari pada akhir bulan Syaban, bulan Islam sebelumnya. Pengamatan ini bertujuan untuk menentukan awal bulan Ramadhan.

Umumnya, jika hilal terlihat dengan jelas pada malam tertentu, maka keesokan harinya akan dimulai bulan Ramadhan.

- Advertisement -

Bulan Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan bagi umat Islam untuk berpuasa selama sebulan penuh dan dikenal sebagai bulan yang penuh berkah. Oleh karena itu, mari kita simak hitung mundur menuju awal puasa Ramadhan 2024.

Awal Puasa Ramadhan Jatuh Tanggal Berapa?
Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebelumnya telah menetapkan awal Ramadhan 1445 H pada 11 Maret 2024, berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal. Penetapan ini didukung oleh Tarjih dan Tajdid. Ijtimak menjelang Ramadhan terjadi pada 29 Syaban 1445 H, pukul 16.07.42 WIB.

- Advertisement -

Surat resmi yang menetapkan awal Ramadhan ini ditandatangani oleh Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Hamim Ilyas dan Atang Solihin.

Sementara itu, jika mengacu pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, tanggal 1 Ramadhan 1445 H akan jatuh pada 12 Maret 2024. Namun ini masih perkiraan karena pemerintah akan menetapkan awal puasa Ramadhan melalui sidang isbat yang dilaksanakan pada akhir bulan Syaban.

- Advertisement -

Jadi, awal puasa Ramadhan 2024 berapa hari lagi? Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa awal puasa Ramadhan 2024 adalah 15 atau 16 hari lagi.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,670PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview