Selasa, Juli 23, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Pemkot Cimahi Gelar Intensifikasi Layanan KB di Kota Cimahi

SuaraPemerintah.ID – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cimahi menggelar Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) Wilayah Khusus Kota Cimahi di Aula Komando Distrik Militer 0609 Kota Cimahi. Layanan tersebut gratis bagi warga Kota Cimahi yang dibuktikan dengan KTP dan KK Kota Cimahi.

Target dalam kegiatan ini adalah 145 orang akseptor pasangan usia subur (produktif). Adapun pelayanan yang disediakan adalah KB non hormonal atau Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Intra Uterine Device (IUD) dan Implan.

- Advertisement -

Kepala DP3AP2KB Kota Cimahi Fitriani Manan mengatakan, Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR Wilayah Khusus merupakan salah satu upaya meningkatkan cakupan kesertaan KB di Kota Cimahi. “Hal ini jadi bagian integrasi upaya percepatan penurunan stunting. Diharapkan giat bersama mitra kerja ini dapat mendorong kesertaan KB MKJP di Kota Cimahi,” ujarnya.

Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR merupakan bagian dari “Program Bangga Kencana” bertujuan mewujudkan keluarga berkualitas dan Pertumbuhan Penduduk yang Seimbang (PTS). Program ini dilaksanakan melalui berbagai kegiatan prioritas, antara lain kegiatan-kegiatan dalam upaya mengendalikan angka kelahiran, meningkatkan angka prevalensi pemakaian kontrasepsi modern (MCPR), menurunkan tingkat kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi (unmeet need), serta upaya perwujudan penduduk tumbuh seimbang dan menghasilkan bonus demografi.

- Advertisement -

Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menyampaikan, kegiatan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR terselenggara atas kolaborasi berbagai pihak. ” “Dalam rangka menyiapkan generasi Indonesia Emas 2045 sekaligus merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Cimahi ke-23. Pelayanan KB kepada usia subur bukan hanya sekedar pelayanan kesehatan yang bersangkutan, tujuan yang lebih besar yaitu menyiapkan generasi emas 20 tahun mendatang di 2045 di Kota Cimahi,” katanya.

Dicky menjelaskan, sasaran kegiatan ini adalah pasangan usia subur untuk merencanakan keluarganya terutama dalam memperoleh keturunan. Petugas pelayanan KB akan memberikan edukasi bagi peserta terkait hal-hal yang harus disiapkan untuk mempunyai keturunan.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekt@suarapemerintah.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,720PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terbaru