Selasa, Juli 23, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Top! BPK Terpilih Jadi Pemeriksa Eksternasl ITLOS 2025-2028

SuaraPemerintah.ID – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terpilih menjadi pemeriksa eksternal pada organisasi Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut atau International Tribunal for The Law of The Sea (ITLOS) periode tahun anggaran 2025 – 2028. Penunjukan tersebut diambil dalam pertemuan ke-34 negara pihak (SPLOS/34) di New York, Selasa (11/6).

ITLOS adalah organisasi internasional badan peradilan independen yang dibentuk pada tahun 1982 berdasarkan konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang hukum laut. ITLOS memiliki kewenangan atas sengketa yang timbul atas perbedaan penafsiran atau penerapan konvensi PBB tentang hukum laut dan permasalahan lain yang berdasarkan kesepakatan untuk diselesaikan oleh pengadilan ITLOS.

- Advertisement -

Selain perkara antar negara, berdasarkan peraturan ITLOS, tribunal juga dapat memberikan advisory opinion atas suatu pertanyaan hukum (apabila dimungkinkan) yang berkaitan dengan konvensi hukum laut.

Kantor pusat ITLOS berada di Hamburg, Jerman, dengan 169 negara pihak. Pengadilan ITLOS terdiri dari 21 anggota independen, yang dipilih dari kalangan orang-orang yang memiliki reputasi tinggi untuk keadilan dan integritas serta kompetensi yang diakui di bidang hukum laut.

- Advertisement -

Penunjukkan BPK sebagai pemeriksa eksternal ITLOS merupakan penunjukan yang pertama kali bagi Supreme Audit Institution (SAI) dari semua negara pihak ITLOS sejak pendiriannya di tahun 1996.

BPK dipilih secara aklamasi mengalahkan BDO Deutsche Warentreuhand dan the Auditor General of Pakistan. BPK dianggap membawa preseden baru dalam hal pemilihan pemeriksa eksternal yang dapat membuka peluang untuk SAI negara pihak lainnya di masa mendatang.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekt@suarapemerintah.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,720PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terbaru