Rabu, Mei 1, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Kota Yogyakarta Kembali Raih Penghargaan HAM 2020

- Advertisement -

SuaraPemerintah.idPemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta kembali berhasil meraih penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2020 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Dengan diraihnya penghargaan ini, Kota Yogyakarta sudah mendapatkan penghargaan tersebut sebanyak 8 kali berturut turut.

- Advertisement -

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, mengatakan penghargaan ini diberikan atas upaya dan keberhasilan Kota Yogyakarta dalam pemenuhan dan pelayanan publik, yang merupakan bagian dari hak-hak dasar warga dan masyarakat di Kota Yogyakarta.

Ia menjelaskan sejumlah kriteria penilaian ditetapkan oleh Kementerian Hukum dan HAM berdasarkan penilaian bagi kabupaten/kota sebagai penerima penghargaan peduli HAM.

- Advertisement -

Di antaranya pada aspek hak hidup berupa angka kematian ibu hamil dan bayi, hak mengembangkan diri berupa angka anak-anak yang berkebutuhan khusus, penyandang buta aksara.

“Namun parameter yang paling penting yakni adanya regulasi berupa peraturan daerah (perda) yang memperhatikan aspek HAM. Sehingga penerapannya di lapangan tidak menimbulkan permasalahan,” katanya.

- Advertisement -

Selain itu yang juga dinilai adalah aspek hak atas kesejahteraan berupa jumlah keluarga berpenghasilan rendah, rumah tidak layak huni, jumlah pengangguran, balita kurang gizi, serta aspek hak atas rasa aman, dan hak perempuan.

Seusai menerima penghargaan, mewakili Walikota Yogyakarta, Asisten Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Sisruadi mengatakan, dirinya sangat bersyukur karena Kota Yogyakarta kembali mendapat penghargaan tersebut atas prestasinya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,670PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview