Sunday, April 18, 2021

Ketua DPD AA LaNyalla Minta Kepala Daerah Lakukan Terobosan Inovatif & Gebrakan

SuaraPemerintah.id – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta para kepala daerah untuk melakukan inovasi terkait ekonomi masa pandemi ini. Terutama untuk kepala daerah yang baru dilantik agar menghadirkan kebijakan yang inovatif di sektor ekonomi agar proses pemulihan lebih cepat.

“Pandemi COVID-19 telah membuat perekonomian terganggu. Kondisi ini tidak bisa ditangani dengan cara biasa, butuh cara-cara luar biasa agar perekonomian bisa segera dipulihkan. Juga dibutuhkan SDM berkualitas,” kata LaNyalla, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 02 Maret 2021.

Dengan alasan itu, ia mendorong para kepala daerah untuk melakukan inovasi dan kreasi dalam membuat terobosan kebijakan ekonomi di tengah situasi keterbatasan APBD. Menurutnya belum banyak kepala daerah yang punya terobosan dalam menghadapi pandemi.

“Masih sedikit kepala daerah yang melakukan terobosan-terobosan inovatif. Padahal, dalam situasi seperti ini, kita butuh gebrakan. Inilah tantangan yang harus dihadapi,” jelasnya.

Senator asal Jawa Timur itu menilai pemilihan kepala daerah langsung oleh rakyat, diharapkan bisa membawa sesuatu yang baru, khususnya mengenai kebijakan dan strategi. Kepala daerah yang tahu kondisi daerahnya dengan terobosan kebijakan yang tidak biasa.

“Terobosan dibutuhkan karena kepala daerah yang mengetahui keadaan riil daerahnya. Dan tentunya ini harus didukung dengan kebijakan yang luar biasa,” ungkapnya.

LaNyalla pun mengajak para kepala daerah untuk mengembangkan SDM daerah menjadi lebih berkualitas dan kompetitif. Menurutnya SDM yang unggul akan membuat sektor lain akan ikut berkembang.

“Harus diingat, keunggulan SDM akan menjadi tolok ukur suatu daerah. SDM yang unggul secara otomatis akan mendorong sektor lainnya untuk juga berkembang,” katanya.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu mengatakan langkah yang dapat diambil dimulai dari kebijakan pendidikan. Sektor pendidikan sebagai sektor vital yang mampu menciptakan SDM yang berkualitas. Harapannya untuk kepala daerah menjadikan sektor pendidikan sebagai prioritas pembentukan SDM yang baik.

“Kenapa pendidikan? Karena sektor yang satu ini sangat vital dalam menciptakan kualitas SDM. Kepala daerah diharapkan memprioritaskan sektor pendidikan untuk mendapatkan SDM terbaik,” ujarnya. (red/pen)

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
279SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh