Kamis, Maret 28, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Ditemukan di Tengah Sawah, Candi Batujaya Tertua di Jawa

- Advertisement -


SuaraPemerintah.ID – Kota Karawang, Jawa Barat, dikenal sebagai kota lumbung padi yang memiliki hamparan sawah yang luas. Di balik hijaunya hamparan sawah di Karawang, ternyata menyimpan peninggalan kuno yang unik, yaitu komplek candi situs Batujaya.

Komplek candi Batujaya sangat unik dan menarik untuk didatangi karena bangunannya berdiri di tengah-tengah hamparan sawah.

- Advertisement -

Situs Batujaya secara administratif terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Talagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Luas situs Batujaya ini diperkirakan sekitar lima kilometer persegi. Situs ini terletak di tengah-tengah daerah persawahan dan sebagian di dekat permukiman penduduk dan tidak berada jauh dari garis pantai utara Jawa Barat-Ujung Karawang.

- Advertisement -

Batujaya kurang lebih terletak enam kilometer dari pesisir utara dan sekitar 500 meter di utara sunga Citarum. Keberadaan sungai ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keadaan situs karena tanah di daerah ini tidak pernah kering sepanjang tahun, baik pada musim kemarau ataupun pada musim hujan.

Dilansir dari laman resmi Perpustakaan Nasional, Candi Batujaya disebut sebagai candi tertua di Pulau Jawa karena usianya melebihi Candi Borobudur di Magelang. Candi Batujaya dibangun pada masa Kerajaan Tarumanegara yang telah ada sejak abad ke-5 hingga ke-6 masehi.

- Advertisement -

Awalnya, pada 1994 ditemukan komplek percandian yang berada di tengah-tengah daerah persawahan di antara dua desa dan dua kecamatan. Lalu pada 1997, setelah ditelusuri di dalam komplek percandian tersebut tersebar 24 situs candi yang diperkirakan mencapai 5 km persegi.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,580PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview