Jumat, September 17, 2021
spot_img

Reformasi Perpajakan Tingkatkan Sistem Akuntabel

SuaraPemerintah.id – Hal yang disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) mengenai kebijakan dan regulasi perpajakan di Indonesia akan mengikuti perubahan perpajakan internasional maupun tantangan ekonomi yang terjadi. Hal tersebut searah dengan Global Taxation Rezim terbaru yang merupakan kesepakatan antarnegara dalam pertemuan G20.

“Ekonomi kita dengan adanya Covid 19 banyak yang beralih ke segmen digital, maka kita juga harus bisa mengantisipasi bagaimana dengan adanya perubahan ini, kita bisa menerapkan sebuah rezim perpajakan yang adil. Adil itu artinya mereka yang punya kemampuan harus membayar pajak, mereka yang tidak punya kemampuan diberikan subsidi atau bansos,” Jelas Menkeu.

Adanya agenda reformasi perpajakan, diharapkan dapat meningkatkan penerimaan pajak dengan sistem perpajakan yang adil, sehat, efektif, dan akuntabel.

“Di sinilah letak kita memperbaiki PPN, kemudian PPh, dan juga dari peraturan ketentuan umum perpajakannya. Dan kita juga me-reform di dalam Direktorat Jenderal Pajak sendiri dari sisi sumber daya manusia dan organisasi, serta IT-nya,” Kata Menkeu.

Dalam pertemuan G20 menghasilkan kesepakatan, yang diantaranya yaitu penerapan minimum corporate tax, terutama bagi perusahaan yang beroperasi lintas yurisdiksi.

“Ini sangat penting karena memang banyak korporasi itu pasti headquarter-nya atau kantor pusat atau tempat dimana itu yang meregister di satu yurisdiksi, tapi dia bergerak dan beroperasi di yurisdiksi yang lain. Ada negara yang menjadi tempat tujuan market-nya dan oleh karena itu sangat sulit untuk menentukan hak pajaknya yang adil,” Papar Sri Mulyani di acara Squawk Box, Senin (12/07/21).

Kesepatan yang dihasilkan telah mengubah rezim perpajakan global yang dipraktekkan dalam 100 tahun terakhir karena tidak lagi mencerminkan keadilan dalam situasi saat ini, terutama mengenai ekonomi digital.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
1,350PelangganBerlangganan

Special Interview

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

GPR Milenial

Suara Tokoh

close