Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

BULOG Pastikan Daging Kerbau dari India Bebas PMK, Ini Buktinya

- Advertisement -

SuaraPemerintah.ID – Bulog menjamin daging kerbau beku yang didatangkan dari India bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Direksi Bulog sendiri yang membuktikan kualitas daging India terbebas dari penyakit PMK.

Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso mengatakan salah satu jajaran direksi yang dipimpinnya telah memeriksa langsung proses penelusuran dan pemotongan dan transportasi produksi hewan ternak di India.

- Advertisement -

Tim yang dibuat telah melakukan inspeksi dari tahap peternak hingga rumah produksi di daerah yang dipilih secara acak untuk memeriksa prosedur yang dilaksanakan oleh pemasok daging beku.

“Kami perlu melakukan inspeksi ini demi meyakinkan lagi kondisi daging kerbau beku yang diimpor BULOG dari India walaupun mekanisme importasi yang kami kelola telah lolos verifikasi dari Balai Karantina Kementerian Pertanian RI, karena saat tiba di Indonesia daging kerbau langsung diperiksa tiap kontainer oleh Balai Karantina Tanjung Priok Kementerian Pertanian dan diberi sertifikat oleh Balai tersebut” kata Budi Waseso dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR, dikutip dari keterangannya, Selasa (28/6/22).

- Advertisement -

“Pada rapat dengar pendapat ini saya juga mengajak yang baru saja pulang dari India, kami persilakan Ibu Febby untuk bisa menjelaskan langsung dalam kesempatan ini”, tambah Budi Waseso. Direktur Bisnis Bulog Febby Novita menambahkan penjelasan. Sejauh ini supplier yang diajak kerja sama soal ekspor impor daging telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia dan izin untuk memasok ke negara Indonesia dari Kementerian Pertanian RI.

Selain itu juga produk daging beku Bulog telah memenuhi kriteria kesehatan hewan dan dinyatakan layak di konsumsi manusia (fit for human consumption) sebagaimana dinyatakan dalam sertifikat kesehatan (Health Certificate) dari Lembaga Veteriner di India.

- Advertisement -

Febby menjelaskan, ada empat tahapan yang dilalui seekor ternak sebelum diekspor dalam bentuk daging beku ke Indonesia. Tahapan tersebut adalah peternak, agregator, pemasok, dan rumah produksi. Dalam setiap tahapan monitoring secara penuh oleh dokter hewan negara bagian.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,580PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview