Kamis, Desember 8, 2022
spot_img

BERITA UNGGULAN

Menparekraf Ajak UMKM Dukung Pengembangan Pariwisata Sukabumi

SuaraPemerintah.ID – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Sukabumi, Jawa Barat, untuk ikut mendukung pengembangan pariwisata di wilayah tersebut.

Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau bazar dan pembukaan Gerai UMKM GUMELIS di Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022) menjelaskan, pengembangan sektor pariwisata di Sukabumi akan berhasil baik jika didukung para pelaku ekraf dan pelaku UMKM di dalamnya.

- Advertisement -

“Sebab pariwisata dan ekonomi kreatif itu berjalan seiringan. Jadi tidak hanya infrastruktur yang dibangun seperti jalan tol dan lainnya. Kualitas dan kompetensi pelaku UMKM juga harus ditingkatkan agar lebih berdaya saing,” kata Menparekraf.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

- Advertisement -

Kemudian berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ada 3 subsektor ekonomi kreatif yang paling banyak berkontribusi pada PDB ekonomi kreatif yakni kuliner sebanyak 41,47 persen, fesyen sebesar 17,68 persen, dan kriya sebesar 14,99 persen.

Untuk itu, kata Menparekraf, peluang UMKM dalam menunjang sektor pariwisata sangat besar. Maka peluang usaha pun harus beriringan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang terus berkembang.

“Terbukti sekitar 60 persen lebih dari konten kreatif berperan penting pada peningkatan dan penghasilan penjualan dari produk parekraf. Content is King, Packaging is Queen. Together it creates Kingdom,” ujarnya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,150PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview