Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Mantap, Subsidi Konversi Motor Listrik Betambah Jadi Rp10 Juta!

- Advertisement -

SuaraPemerintah.ID – Pemerintah RI melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM telah mengumumkan penambahan subsidi konversi motor listrik dari yang semula Rp7 juta menjadi Rp10 juta per unit.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut bahwa hal tersebut menjadi salah satu upaya pihak ESDM untuk mendorong penyerapan insentif yang saat ini masih cukup lambat. Sehingga diharapkan masyarakat semakin terdorong untuk memulai peralihan penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

- Advertisement -

“Rp 10 juta yang diputuskan untuk yang konversi. Mulai sekarang sudah jalan,” ujar dia di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (10/11/2023).

Sementara untuk subsidi pembelian motor listrik baru tetap sebesar Rp 7 juta. Ia bilang, memang ada perbedaan insentif untuk konversi ke motor listrik dengan pembelian motor listrik baru.

- Advertisement -

“(Rp 7 juta) itu untuk motor baru. Kalau sekarang kan motor baru sama motor bekas, mesti lain dong,” kata Arifin.

Kendati begitu, syarat untuk mendapatkan bantuan pemerintah untuk konversi tidak berubah. Artinya, kendaraan tetap harus memenuhi syarat kelaiakan dan memiliki surat legalitas jalan, sebelum pada akhirnya diubah menjadi listrik.

- Advertisement -

Persatuan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) mengaku mendukung upaya Kementerian ESDM menambah subsidi konversi motor listrik menjadi Rp10 juta per unit. Harapannya, ada lebih banyak motor bensin yang diubah menjadi motor listrik.

“Kalau begitu bagus sekali, kita dukung. Kita akan mendukung lebih banyak (motor) lagi yang bisa dikonversi dari ICE ke listrik,” ujar Tenggono Chuandra Phoa selaku Sekertaris Jenderal (Sekjend) Periklindo saat menjawab pertanyaan detikOto di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tenggono sadar, subsidi Rp 10 juta belum meng-cover biaya konversi seluruhnya yang umumnya mencapai Rp 15 juta. Namun, dia yakin, biayanya akan lebih murah di masa depan.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,670PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview