Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Malam Nisfu Syaban 2024 Jatuh Tanggal Berapa? Cek Jadwalnya di Sini

- Advertisement -

SuaraPemerintah.ID – Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia merayakan momen penting yang terkait dengan kalender Islam. Salah satu peristiwa yang menjadi perhatian khusus adalah Nisfu Syaban, yang secara harfiah berarti “setengah dari bulan Syaban”.

Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 15 bulan Syaban, yang merupakan bulan kedelapan dalam kalender Islam. Perayaan ini sering kali dilakukan dengan ibadah khusus dan doa-doa untuk memohon ampunan dan berkah.

- Advertisement -

Syaban adalah bulan ke delapan setelah bulan Rajab. Bulan ini jatuh sebelum Ramadan. Tapi kapan malam nisfu syaban 2024?

Syaban adalah bulan pertengahan antara Rajab dan Ramadan. Bulan Syaban ini disebut sebagai bulan pembalasan. Sebab, Allah Swt menurunkan rahmat dan mengabulkan doa hamba-Nya di bulan Syaban.

- Advertisement -

Malam Nisfu Syaban diyakini sebagai malam di mana Allah SWT menentukan takdir hamba-hamba-Nya untuk satu tahun ke depan. Ini juga merupakan malam di mana dosa-dosa diampuni dan rahmat Allah SWT dilimpahkan kepada umat-Nya.

Kapan Malam Nisfu Syaban 2024?
Karena keistimewaannya, banyak orang lantas bertanya dan menanti-nanti, Nisfu Syaban 2024 jatuh pada tanggal berapa?

- Advertisement -

Hal ini tentu agar umat Islam tidak melewatkan keistimewaan malam ini untuk diisi dengan banyak amalan ibadah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dikutip dari Kalender Hijriah Indonesia terbitan Kementerian Agama RI, Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 15 Syaban 1445 Hijriah, yang dalam kalender Masehi bertepatan dengan 25 Februari 2024. Dengan demikian, malam Nisfu Syaban sendiri jatuh pada 24 Februari 2024.

Ada banyak amalan yang disunahkan pada Nisfu Syaban, seperti memperbanyak salat sunah, zikir, memohon ampun, dan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali.

Selama malam Nisfu Syaban, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah khusus, seperti shalat sunnah, membaca Al-Qur’an, berzikir, dan berdoa. Banyak juga yang memilih untuk berpuasa pada hari ini. Puasa Nisfu Syaban dianggap sebagai amalan yang dianjurkan dan membawa banyak keberkahan. Selain itu, ini juga merupakan momen yang tepat untuk melakukan introspeksi diri, mengevaluasi perbuatan-perbuatan masa lalu, dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT serta sesama manusia.

Selain itu, umat Islam disunahkan untuk memperbanyak doa pada malam Nisfu Syaban.

Dalam sebuah hadis dijelaskan doa di malam Nisfu Syaban adalah doa yang tidak akan ditolak.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,670PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview