Selasa, April 30, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Indonesia Jadi Tuan Rumah World Water Forum ke-10 di Bali

- Advertisement -

SuaraPemerintah.ID – Indonesia telah dipilih sebagai tuan rumah untuk World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali mulai tanggal 18 hingga 25 Mei 2024 mendatang.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, menyatakan bahwa kesempatan ini merupakan momen emas bagi Indonesia untuk memberikan pengaruh besar terhadap arah kebijakan di bidang air.

- Advertisement -

Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 yang berlangsung di Bali pada 18-25 Mei 2024. Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, mengatakan WWF menjadi kesempatan emas bagi Indonesia.

“Indonesia akan memberi pengaruh besar terhadap arah kebijakan di bidang air ini. Sejak awal pada berbagai forum Indonesia memang konsisten mendorong persoalan air untuk dibahas di level tertinggi. Harus ada dorongan kuat dari para pengambil kebijakan,” ungkap Endra dalam rilis resmi di situs WWF.

- Advertisement -

World Water Forum merupakan pertemuan internasional terbesar yang melibatkan pemangku kepentingan di sektor sumber daya air, mulai dari pemimpin politik, pemerintah, lembaga multilateral, politisi, akademisi, masyarakat sipil, pelaku usaha, dan lain sebagainya. Forum ini diadakan setiap tiga tahun sekali sejak tahun 1997.

Lebih lanjut, Endra menerangkan dalam pertemuan tersebut Indonesia akan mengungkap banyak hal terkait pengelolaan air yang menjadi kunci di berbagai banyak sektor. Secara khusus ada tiga misi Indonesia untuk disepakati dalam pertemuan di Bali nanti.

- Advertisement -

Poin-poin itu di antaranya Center of Excellence on Water and Climate Resilience, mainstream integrated water management in small islands, dan kegiatan rutin World Lake Days atau Hari Danau Sedunia.

“Banyak danau atau situ yang hilang di Indonesia maupun negara lain dan ini menjadi penting untuk dibahas karena danau menjadi salah satu sumber baku, energi bahkan pengendali banjir,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Endra menerangkan rangkaian acara WWF. Pembukaan World Water Forum akan dilakukan di Pantai Melati dan dibalut dalam acara bertajuk Balinese Water Purification Ceremony. Acara ini akan dihadiri 1.500 orang dengan konsep kegiatan Rahina Tumpek Uye dan Upacara Segara Kerthi, dilansir cnn, Rabu (17/4/24).

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,670PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview