Selasa, Juli 23, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

MK Tolak Seluruh Gugatan, Prabowo-Gibran Resmi Menang Pilpres 2024!

SuaraPemerintah.ID – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk menolak seluruhnya permohonan perkara yang diajukan oleh Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01, Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar, serta Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terkait Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 .

Dalam pengumuman yang disampaikan di gedung MK, Jakarta pada Senin (22/4/2024), Ketua MK Suhartoyo menyatakan, “Amar putusan. Mengadili. Dalam eksepsi menolak eksepsi termohon dan eksepsi pihak terkait untuk seluruhnya.” Lebih lanjut, MK juga menolak permohonan dari kedua pasangan calon tersebut dalam pokok permohonan.

- Advertisement -

Seperti diketahui, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud mengajukan permohonan kepada MK untuk membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu 2024. Salah satu hasil yang dipermasalahkan adalah kemenangan Prabowo-Gibran dengan raihan 92.214.691 suara, serta diskualifikasi Gibran sebagai cawapres.

Dalam sidang, ada dissenting opinion (pendapat berbeda) yang disampaikan oleh tiga hakim MK, yaitu Hakim MK Saldi Isra, Hakim MK Enny Nurbaningsih, dan Hakim MK Arief Hidayat.

- Advertisement -

Seperti dikutip dari pemberitaan detik.com, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 menyebutkan penetapan hasil Pemilu 2024 dilakukan pada waktu tiga hari setelah pemberitahuan MK atau tiga hari setelah putusan MK.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekt@suarapemerintah.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,720PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terbaru