Selasa, Juli 23, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Mengenal Makna Perayaaan Idul Adha dan Sejarahnya!

SuaraPemerintah.ID – Idul Adha, salah satu hari raya besar umat Islam selain Idul Fitri, menandai berakhirnya ibadah haji dan dirayakan dengan penyembelihan hewan qurban. Namun, makna Idul Adha tidak hanya sebatas itu. Yuk, simak lebih lanjut mengenai makna mendalam dari Idul Adha dalam pembahasan berikut.

Apa Itu Hari Raya Idul Adha?

- Advertisement -

Idul Adha, yang juga dikenal sebagai lebaran haji, jatuh pada tanggal 10 Zulhijah dalam kalender Hijriah atau sekitar 70 hari setelah Idul Fitri. Hari raya ini bertepatan dengan pelaksanaan ritual ibadah haji di Mekah, serta dikenal sebagai Hari Raya Qurban.

Sejarah Idul Adha

- Advertisement -

Perayaan Idul Adha berawal dari kisah Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan Allah SWT dalam mimpinya untuk menyembelih putranya, Ismail AS. Meski berat dan penuh ujian, Nabi Ibrahim AS menjalankan perintah tersebut dengan penuh keyakinan dan keikhlasan. Namun, saat hendak menyembelih, Allah SWT menggantikan Ismail AS dengan seekor domba. Peristiwa ini menjadi dasar sejarah ibadah qurban, yang kemudian diwajibkan pada masa Nabi Muhammad SAW, seperti yang tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Hajj ayat 34.

Makna Idul Adha

Idul Adha bukan hanya tentang menyembelih hewan qurban, tetapi juga mengandung nilai-nilai penting seperti:

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekt@suarapemerintah.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,720PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terbaru