Selasa, Juli 23, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Menkominfo Ajak Pelaku Bisnis Optimalkan Pemanfaatan AI

SuaraPemerintah.ID – Di tengah dinamika inovasi teknologi Artificial Intelligence (AI) yang makin pesat, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfio) Budi Arie Setiadi mengajak kalangan bisnis dan pemerintahan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi AI dalam mendorong kemajuan bangsa.

“Inovasi teknologi saat ini membuka peluang bagi Indonesia mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Artificial Intelligence menjadi salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendorong kemajuan bangsa kita,” ungkapnya saat memberikan Pidato Kunci dalam Seminar Penerapan AI pada Industri dan Pemerintahan di Bali secara daring dari Jakarta Selatan, Sabtu (15/06/2024).

- Advertisement -

Menurut Menteri Budi Arie, besaran potensi AI dapat dilihat dari kontribusinya bagi PDB Global yang mencapai USD13 Triliun pada Tahun 2030.

“Dimana USD1 Triliunnya dikuasai ASEAN. Indonesia berada pada peringkat ke-4 dalam indeks kesiapan integrasi ai pada layanan publik, dengan estimasi kontribusi AI bagi PDB sebesar USD366 Miliar di 2030,” jelasnya.

- Advertisement -

Mengutip hasil survei dari McKinsey Global Tahun 2023, Menkominfo menyatakan 79% responden telah terekspos dengan teknologi AI Generatif.

“55% perusahaan global juga telah menggunakan AI pada bisnis mereka, mulai dari sektor layanan kesehatan, manufaktur, ataupun pendidikan,” ujarnya.

Menteri Budi Arie juga mengungkap adanya potensi teknologi AI menggeser kebutuhan skill dan jenis pekerjaan.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekt@suarapemerintah.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,720PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terbaru