Beritamedia.id – Sesaknya industri popok di Indonesia tidak membuat gentar OTO Diapers. Berbagai inovasi berkelanjutan baik di produk dan layanan terus dilakukan. Namun strategi pemasaranlah yang mampu menempatkan nama OTO tetap berada di puncak dan hati konsumen.
Peluang industri popok masih sangat potensial dan menjanjikan, inilah yang membuat banyak pemain baik dari dalam negeri dan luar negeri mencoba merebut cuan di pasar Indonesia.
Hal tersebut menjadi concern dari founder sekaligus CEO PT Rejeki Putra Putri Eliman, Oto Gunasis.
Tapi Oto tidak gentar, untuk bisa bersaing ia menggunakan strategi menarik dimana ia hanya memfokuskan membangun kualitas produk dan pemasaran below the line (BTL).
‘’Itu sebabnya produk kami selalu menghadirkan produk yang berkualitas namun dengan harga terjangkau,’’bebernya.
Pemasaran BTL adalah kunci dari OTO dalam menjawab persaingan industri popok. Oto mengerahkan sales-sales turun ke masyarakat untuk mengkomunikasikan produknya.
Cara ini terbilang sangat efektif, kalimat persuasive ditambah dengan penyampaian product knowledge dari para sales ampuh membangun awarennes konsumen.
Berbicara kualitas terbaik, OTO sudah menghadirkannya dalam seluruh produk popoknya. Seperti perekat yang dihadirkan adalah yang terbaik dalam hal tidak mudah lepas walaupun terkena air dan minyak.
Selain itu kualitas terbaik terdapat dalam penyerapnya. Oto menuturkan produknya menempatkan penyerap yang efisiensi.
‘’Untuk penyerap tidak hanya soal banyaknya cairan yang terserap, tapi juga kecepatan serap yang kami hadirkan sangat terbaik, sehingga untuk pemakai yang aktif dan mobile sangat mendukung,’’jelasnya.
Fokus Menggarap Pasar Popok Dewasa
Setelah sukses membangun pasar untuk popok anak, Oto mulai beralih menggarap dan mengembangkan popok dewasa.
Popok dewasa ia lihat menjadi salah satu ceruk pasar yang bisa dimaksimalkan karena belum banyak bermain.
Shifting atau peralihan prioritas ini juga sekaligus bentuk ekstensifikasi layanan dari OTO. Selain itu juga bagian strategi untuk memperluas pasar dari yang sudah ada.
Bermain di popok dewasa, OTO tetap mengutamakan kualitas di dalam setiap produknya.
Untuk popok dewasa, OTO juga menghadirkan inovasi yakni popok celana khusus wanita.
Inovasi tersebut dihadirkan oleh Oto melihat situasi pasar dimana kaum hawa terutama yang masih aktif membutuhkan popok unutk mendukung pergerakan mereka.
‘’Kalau pria sih gampang ya kalau sudah kebelet, bisa dimana saja. Nah untuk wanita ini yang kami prioritaskan, apalagi wanita karier sudah banyak mereka sangat mobile kesana kemari, itu kami support dengan produk popok celana kami,’’ungkapnya.
Produk popok dewasa khusus wanita tersebut dikemas dengan kualitas terbaik yakni bahan yang lembut dan aman, adanya pencegah bocor (leak guard), hingga bentuk popok yang sesuai dengan bentuk dan pinggang wanita.
Produk yang sudah diluncurkan setahun silam itu kini merengguk manisnya karena sangat diminati konsumen. Ini juga semakin memantapkan cengkraman OTO di pasar popok dewasa.
Kedepannya, Oto mengungkapkan akan terus berinovasi dan beradaptasi dengan keadaan terutama dalam pandemi Covid-19 ini. Ia juga akan serius membangun divisi digital OTO karena pasar ekspor kini semakin deras demand-nya. Digital akan semakin memperkuat layanan OTO baik nasional maupun internasional.