Wednesday, March 3, 2021

Hutan Mangrove Pandansari Brebes, Kawasan Pariwisata Edukasi Anak dan Keluarga

SuaraPemerintah.id – Hutan Mangrove Pandansari Brebes merupakan salah satu kawasan pariwisata yang kaya akan edukasi untuk anak dan juga keluarga (read/semua umur). Letak hutan mangrove ini berada di pesisir pantai laut Jawa Tengah, tepatnya di Pulau Pasir Dukuh Pandansari Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes. Dukuh Pandansari ini berjarak 10 km dari kota Brebes.

Sejarah adanya hutan mangrove Brebes ini yaitu sejak tahun 2005 hingga 2008 hutan mangrove Pandansari dicanangkan kembali oleh seorang tokoh muda, Mashadi dan Rusjan sebagai mantan kepala Desa Kaliwlingi, yang kemudian dikelola dan dibantu oleh kelompok Dewi Mangrove Sari. Tanaman mangrove pertama yang ditanam di daerah Pulau Pasir yaitu sekitar 2.260.000 batang mangrove jenis rizhopora dengan luas 200 hektare.

Adapun hasil dari kerja keras kelompok binaan dan juga masyarakat lokal setelah 10 tahun sejak penanaman hingga muncul ide untuk membuat kawasan edukasi, tempat suatu desa wisata mangrove dukuh Pandansari. Kawasan ini juga akhirnya dapat menjadi tempat untuk mencegah terjadinya abrasi yang seringkali menggerus pantai Utara Brebes sejak tahun 1985, dan menjadi kawasan edukasi yang baik untuk mengenalkan anak serta mengingatkan keluarga agar dapat menjaga kelestarian alam juga kebersihan lingkungan.

Rute perjalanan menuju Hutan Mangrove Pandansari Brebes bila dari pusat Kabupaten Brebes sekitar 13 km dengan waktu tempuh mencapai 30 menit hingga sampai ke lokasi tujuan. Kendaraan yang bisa dipakai mulai dari sepeda, motor hingga mobil dapat melalui rute yang sudah ditetapkan, atau bisa juga menggunakan bantuan google map. Akses jalannya sudah cukup baik, beraspal, datar dan juga tidak berlubang meskipun masih banyak jalanan yang berliku. Oleh karenanya, jika kamu ingin berkunjung berhati-hatilah saat diperjalanan karena selama perjalanan kamu akan menemukan kawasan sawah di kanan kiri jalan, sungai hingga pemukiman warga yang sudah pasti banyak anak-anak berkeliaran di luar rumah.

Ketika sudah masuk area parkir, para wisatawan harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Kemudian berjalan kaki melewati jalur menuju lokasi perahu yang sedang menepi untuk kemudian dinaiki hingga mencapai Hutan Mangrove Pandansari. Perahu klasik dengan diesel sederhana yang telah disediakan oleh pengelola hutan Mangrove akan mengantarkan pengunjung hingga ke lokasi yang diinginkan.

Pada perjalanan menggunakan perahu dapat kamu rasakan sensasi yang sedikit menegangkan, apalagi bagi kamu yang mabuk laut dan takut terhadap air. Karena selama perjalanan yang kurang lebih mencapai 10 hingga 15 menit menuju lokasi utama menggunakan perahu, kamu akan merasa sedikit terayun disebabkan ombak laut dan angin yang menerpa perahu. Namun jangan khawatir, karena selama perjalanan perahu itu kamu dapat menikmati keindahan di pesisir laut juga keindahan langit biru yang amat cerah.

Perlu diperhatikan ketika kamu berniat berlibur ke Hutan Mangrove Pandansari Brebes, datanglah ketika cuaca sedang cerah, jangan saat musim badai penghujan karena air laut bisa pasang kapan saja dan kamu akan sulit menikmati keindahan panorama sejuknya Hutan Mangrove Pandansari Brebes.

Setelah sampai di kawasan wisata Hutan Mangrove, pengunjung harus melewati trek buatan di atas laut hingga menyusuri hutan mangrove yang sangat luas. Jika selama perjalanan kamu merasa lapar, tidak usah khawatir dengan rasa laparmu, karena di sekitar hutan mangrove terdapat tenda-tenda yang menyediakan makanan seafood yang menggugah selera. Warung lesehan tersebut dapat kamu pilih dan pesan sesuai selera yang tentu saja dengan disuguhi pemandangan air laut juga hutan mangrove yang amat memanjakan mata.

Hutan Mangrove Pandansari Brebes juga menyuguhkan pemandangan yang tidak bisa kamu dapatkan di perkotaan. Para pengelola telah menyediakan spot fotogenik atau instagramable khusus bagi kamu yang senang mengabadikan momen bersama keluarga, teman atau pasangan. Telah disediakan beberapa titik spot foto instagramable buatan hingga tempat foto yang menarik di tengah-tengah ribuan tanaman mangrove.

Contoh spot yang disediakan adalah gardu pandang, menara 3 lantai, sangkar burung, tenda kayu, ayunan kayu dan masih banyak lagi. Bagi kamu seorang Muslim, jangan khawatir jika waktu shalat tiba, karena di tengah lokasi Hutan Mangrove Pandansari juga disediakan mushalah dan tempat MCK. (red/eva)

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
220SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

Suara Tokoh