Wednesday, March 3, 2021

Strategi dan Inovasi Vinilon Hadapi Tantangan Global

SuaraPemerintah.id – Puluhan tahun, Vinilon telah hadir sebagai brand dari produk-produk pipa terlengkap dan terbaik di Indonesia. Di tengah tantangan globalisasi, pandemi, dan era digitalisasi, Vinilon tetap eksis dan semakin ekspansif. Vinilon selalu menghadirkan berbagai inovasi dan strategi untuk terus berkembang dan mampu memenangkan berbagai tantangan yang dihadapi.

Saat tantangan global muncul dengan hadirnya berbagai produk pipa dari kompetitor, justru penjualan Vinilon terus mengalami peningkatan. Vinilon tetap confidence menghadirkan produk pipa berkualitas di tengah gencarnya produk-produk pesaing dari luar. Tercatat di tengah arus globalisasi, selama periode 2014-2019, pendapatan Vinilon mengalami kenaikan 8,5%.

“Kompetisi tidak bisa dihindari, yang perlu kami lakukan adalah meningkatkan jaminan kualitas, service, juga after sale service-nya. Fleksibilitas berbinis dengan Vinilon juga menjadi unggulan kami karena kami sudah punya pabrik dan produksi sendiri, saat ini kami terus penetrasi untuk menambah pabrik dan kantor cabang demi memenuhi kebutuhan produksi dan distribusi,” jelas Bertony Herianto, Group Marketing Manager Vinilon Group, saat wawancara dengan SuaraPemerintah.id, pada Rabu (3/2/2021).

Bertoni mengungkapkan bahwa saat ini Vinilon terus melakukan ekspansi dengan mendirikan beberapa pabrik dan kantor cabang baru di berbagai wilayah. Semua itu dilakukan untuk memudahkan distribusi agar mudah dijangkau oleh costumer.

Soal kualitas, Bertoni mengungkapkan, bahwa Vinilon menjamin standar dari produk-produknya. Semua pipa buatan Vinilon telah melalui uji kualitas standar nasional dan internasional. Vinilon telah mengantongi semua standar mutu produksi seperti SNI, JIS, LEMIGAS, OHSAS 18001, SPLN, SIRIM QAS International, CIQS 2000, TELKOM dan ISO 9001:2008.

“Kualitas produk Vinilon harus di atas standar kualitas yang ada. Kami berikan jaminan terhadap kualitas di semua produk Vinilon,” pungkas Tony.

Vinilon sebenarnya sudah menargetkan kenaikan hingga 8,7% pada periode tahun 2020-2025. Hanya saja saat tantangan pandemi menghadang, Vinilon terpaksa melakukan rasinonalisasi terhadap target, khususnya di tahun 2020. Namun berkat strategi dan inovasi yang dilakukan, Vinilon tetap survive dan mampu melewati tantangan pandemi tanpa terdampak dengan terjadinya penurunan yang signifikan.

“Tahun 2020 kita achivement 90% tutup target. Meski ada rasionalisasi target di bulan ke empat. Secara bisnis kita tetap survive. Tidak ada pengurangan karyawan, bahkan investasi tetap berjalan dengan mendirikan pabrik dan kantor cabang baru,” ungkap Tony.

Vinilon juga sempat berinovasi dengan memunculkan pipa baru dengan nama pipa Nusantara. Pipa ini dirancang dengan kualitas tinggi tapi harganya sangat terjangkau. Tujuan dari hadirnya pipa Nusantara adalah sebagai bentuk dukungan maksimal Vinilon terhadap masyarakat yang terdampak pandemi.

“Launching pipa Nusantara menjadi bukti nasionalisme Vinilon sebagai karya anak bangsa. Juga sebagai suport kita terhadap masyarakat untuk tetap mendapatkan pipa berkualitas tapi dengan hargaterjangkau,” ujar Tony.

Di era digitalisasi, Vinilon beradaptasi dengan menggencarkan digital awarnes di semua lini lingkungan perusahaan. Proses produksi sudah mulai menggunakan sistem full automation teknologi untuk menjaga standar kualitas dan menghindari kebocoran produksi. Vinilon juga menggunakan teknologi Silo menara untuk proses pencampuran bahan baku.

Dengan teknologi canggih yang dimiliki Vinilon, proses produksi mulai dari bahan baku, monitoring, hingga control quality semua dilakukan by system dan terjamin standar kualitasnya.

“Di internal, proses koordinasi dan reporting semua juga sudah by system menggunakan teknologi komputerisasi yang terintegrasi. Mulai dari sales hingga pelaksanaan projek internal kita develop semua merucut ke satu sistem. Sehingga semua data bisa diakses dengan cepat dan dimonitoring manajemen secara daily,” tambah Tony.

Bertoni mengungkapkan bahwa ia yakin Vinilon akan terus eksis dan ekspansif secara long term. Vinilon telah memiliki ribuan projek references yang membuktikan bahwa produknya sudah dipercaya banyak kalangan. Di lingkungan manajemen juga sangat serius dalam melakukan inovasi dan membuat strategi yang efektif dan efisien.

“Kami optimis, Vinilon akan semakin berkembang dan dipercaya masyarakat. Sudah terbukti Vinilon mampu melewati semua tantangan. Investasi juga terus berjalan, kantor cabang baru, pabrik baru, ekspansi pasar makin luas. Ini semua memberikan confidence level kami bahwa Vinilon akan terus melakukan penetrasi ke depan,” ungkap Tony.

 

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
220SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

Suara Tokoh