Jumat, Juni 25, 2021

Wamendes PDTT Sebut UU Ciptaker Bantu BUMDes, Majalengka Siap Gencarkan Destinasi Wisata

SuaraPemerintah.id – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi mengungkapkan Undang-Undang Cipta Kerja memberikan keuntungan terhadap BUMDes. Demikian ia sampaikan saat menerima audiensi Bupati Majalengka, Karna Sobahi di ruang kerjanya, Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Budi Arie Setiadi membahas strategi pengembangan Badan Milik Usaha Desa (BUMDEs) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Budi Arie juga mengatakan, dengan diakuinya BUMDes sebagai badan hukum, akan memiliki peluang besar dalam membangun kerjasama dengan berbagai pihak termasuk perbankan.

Hal itu ia sampaikan, seiring kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja yang memberikan keuntungan signifikan terhadap BUMDes yang telah diakui sebagai badan hukum.

“(Undang-Undang) Omnibuslaw Cipta Kerja itu menguntungkan BUMDes. Harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Wakil Menteri Desa tersebut menuturkan, aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh BUMDes membutuhkan modal cukup besar. Ia juga menambahkan, jika modal dari desa tidak mampu mencukupi kebutuhan BUMDes, maka perlu adanya kerjasama dengan pihak perbankan terkait penambahan modal.

“BUMDes kan butuh uang, butuh modal, nanti kita gandeng bank dan kita sambungkan dengan offtaker,” ujarnya.

Hingga sampai saat ini, Kabupaten Majalengka telah memiliki 280 BUMDes dari 330 Desa yang ada. Menurut Bupati Majalengka, Karna Sobahi, desa-desa di Kabupaten Majalengka memiliki potensi cukup signifikan di sektor pariwisata alam, diantaranya bendungan, curug, dan persawahan. Ia berharap, potensi tersebut dapat sekaligus memberdayakan masyarakat.

Secara Geografis, Majalengka terbagi atas dataran rendah dan tinggi sehingga pilihan untuk tempat wisata semakin beragam. Disamping itu, Majalengka memiliki keindahan alam senhingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Secara detailnya, daerah utara Majalengka berupa dataran rendah, bagian tengah berupa perbukitan, dan daerah selatan berupa pegunungan yaitu area dari Gunung Ciremai.
Dengan kondisi geografis Majalengka yang bervariasi, membuat kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata alam sangat menarik.

“Di Majalengka banyak potensi wisata, ada bendungan, curug, persawahan. Objek wisata kita alami semua. Kita arahnya agar desa wisata ini ke pemberdayaan masyarakat,” Ungkap Karna Sobahi. (red/rifki)

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
331PelangganBerlangganan

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh