Selasa, Juli 23, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Dukung Lansia Produktif, Kemensos Hadirkan Taman Lansia di Koto Besar

SuaraPemerintah.ID – Kementerian Sosial RI (Kemensos) kembali membangun 1 Taman Lansia di Kecamatan Koto Besar sebagai bentuk dukungan terhadap para lansia untuk tetap produktif dan bahagia di usia senja.

Pembangunan taman lansia ini diinisiasi olej Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam (PSKBSNA) dalam rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023 di Kabupaten Dharmasraya.

- Advertisement -

Taman Lansia yang ada di Nagari Koto Besar ini, merupakan Taman Lansia pertama yang ada di Prov. Sumatera Barat. Taman ini difungsikan untuk memberikan ruang ramah lansia yang bisa digunakan untuk hiburan dan relaksasi bagi para lansia, terutama di sekitar wilayah Koto Besar.

“Ini mungkin saya tau baru di sini ada Taman Lansia di Sumbar, mungkin kalo kota – kota besar seperti Jakarta, Bandung mungkin sudah ada Taman Lansia,” kata Helfarianto Koordinator Pelopor Perdamaian Prov. Sumatera Barat.

- Advertisement -

Pembangunan Taman Lansia Koto Besar dimulai sejak tanggal 10 Mei 2023. Melibatkan 15 Pelopor Perdamaian, 15 Tagana, Forum Keserasian Sosial, dan masyarakat sekitar dalam pengerjaannya.

Fasilitas di taman ini dibuat agar ramah dikunjungi tidak hanya oleh lansia, tetapi juga anak – anak. Terdapat pendopo, area pijakan refleksi, kolam terapi ikan, dan juga ayunan untuk anak – anak.

Di wilayah Koto Besar, rutin diadakan senam lansia yang diselenggarakan di Puskesmas. Namun sekarang rencananya senam lansia akan dipindahkan ke taman lansia agar menjadi daya tarik di taman tersebut.

“Sekarang dengan ada Taman Lansia, ibu – ibu lansia bisa dibawa ke sini, sambil habis senam mereka juga bisa refleksi, ada tempat berjalannya dan juga kolam ikannya utk refleksi kaki. Mungkin itu lebih tepat karena dibangunnya ini, senam yang awalnya di puskesmas bisa dipindahkan ke sini, dibangun yang lebih representatif lah, dengan adanya taman lansia,” ungkap Helfarianto.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekt@suarapemerintah.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,720PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terbaru