Kamis, November 13, 2025
spot_img

BERITA UNGGULAN

Pelayanan Publik di Kebumen Makin Mudah dengan Kehadiran MPP Digital!

SuaraPemerintah.ID – Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Kebumen, Mal Pelayanan Publik (MPP) , yang telah beroperasi pada 2019 lalu, kini telah resmi ditetapkan sebagai salah satu MPP penyelenggara MPP Digital oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

MPP Kebumen sebagai penyelenggara MPP Digital ini ditetapkan oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas pada 8 Oktober 2024 bersama dengan 139 Kabupaten atau Kota lainya dan soft launching 22 MPP yang berlangsung di Sheraton Grand Jakarta Hotel.

- Advertisement -

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PelayananTerpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kebumen Dyah Woro Palupi mengatakan, bahwa MPP Digital akan menggunakan skema single sign-on, memungkinkan masyarakat mengakses berbagai layanan publik hanya dengan satu akun.

Baca juga : MPP Digital Kabupaten Bangkalan Siap Tingkatkan Kualitas Layanan

Saat ini, disebutnya, Kementerian PANRB telah memulai implementasi layanan MPPD di sektor kesehatan, di mana tenaga kesehatan dapat mengajukan permohonan melalui aplikasi MPPD tanpa perlu mengantri di loket MPP.

- Advertisement -

“Ini adalah kebanggaan bagi Pemkab Kebumen, MPP yang telah kami luncurkan sejak 20 Desember 2019 lalu, kini mulai bertransformasi menjadi MPP Digital, yang bertujuan untuk mempermudah akses layanan publik secara terintegrasi,” kata Dyah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/10).

Saat ini, MPP Kebumen telah menyediakan 23 loket, termasuk 9 OPD internal dan 14 lembaga eksternal, dengan total 178 layanan sejak MPP pertama diresmikan di Kebumen.

Jumlah masyarakat yang mengakses layanan di MPP Kebumen yg selalu meningkat setiap tahunnya menunjukkan dampak positif, bahwa kehadiran MPP sangat berpengaruh dalam meningkatkan pelayanan publik.

Keputusan untuk mengupgrade MPP Kebumen menjadi MPP Digital berdasarkan surat Kementerian PANRB Nomor B/320/M.PP.00.00/2024 yang diumumkan pada 8 Oktober 2024, setelah melalui penilaian pada 2 September 2024.

“Ini menandakan langkah maju dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan efisien bagi masyarakat,” tandasnya.

Cek Artikel dan Berita yang lainnya di Google News

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

Ikuti Kami

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,910PelangganBerlangganan

Terbaru