Wednesday, March 3, 2021

Bisnis Online UMKM Kuliner Berpeluang Menggiurkan 2021

Suarapemerintah.id –  Beberapa sektor bisnis di Indonesia terdampak sepanjang masa pandemi. Meski ada beberapa sektor bisnis yang memperoleh keuntungan seperti bidang farmasi dan telekomuniklasi. Pada tahun 2021 bisnis makanan atau kuliner tetap berpeluang.

Bonnie Susilo sebagai fouder Foodlab mengatakan bisnis kuliner di bidang food service sangat terdampak, bahkan mengalami penurunan omzet hingga 75%. Hal ini juga terkait dengan adanya pembatasan aktivitas sehingga mempengaruhi perkembangan bisnis, terutama kuliner.

“Cukup terasa bagi teman-teman yang bergerak di bidang food services karena orang tidak lagi travelling untuk pergi ke restoran. Yang food service kena imbas sekali, terasa sekali omzetnya mungkin turun sampai 75%,” kata Bonnie dalam live streaming Instagram @foodstartupid, Selasa (9/2/2021).

Meski demikian, peluang bisnis kuliner di bidang food manufacture secara online justru dinilai mengalami peningkatan penjualan, terutama untuk produk-produk kesehatan.

Ia menjelaskan, rata-rata pelaku bisnis yang berada di Food Startup Indonesia adalah pelaku bisnis yang bergerak di food manufacture. Diperkirakan imbas Corona sekitar 20% terhadap penjualan.

Fenomena meningkatnya bisnis kuliner pun jadi peluang menggiurkan dan dimanfaatkan banyak pemilik usaha mengamankan bisnis kecil mereka agar tetap berjalan.

Pembatasan jarak dalam menekan penyebaran corona, menjadikan peluang bisnis berbasis online semakin gencar dilakukan UMKM dalam pemasaran dan promosi. Konsumen Indonesia memang gemar akan diskon tapi ada tiga jenis diskon yang paling sering digunakan yaitu diskon produk (53%), promo ongkos kirim (30%) dan diskon total belanja (17%).

Tidak hanya mendaftarkan melalui start up, para pelaku yang menjalani model usaha kuliner  melebarkan pemasarannya lewat media sosial. Perusahaan Start Up seperti Gojek menemukan 42% pemilik usaha sudah meningkatkan kehadirannya di media sosial untuk promosi di tahun 2020.

“Dengan berbagai macam jalur komunikasi dan promosi memang efektif menjangkau lebih banyak konsumen tetapi tanpa disadari itu akan menjadi beban ke pelaku usaha karena operasionalnya susah sekali,” kata Novi, salah satu pemilik usaha kuliner, Selasa (9/2/2021).

Konsultan bisnis dan waralaba DK Consulting Djoko Kurniawan berpendapat, bisnis kuliner yang akan bisa bergerak dengan cepat yakni usaha dengan rentang harga sekitar Rp 100 juta hingga Rp 300 juta. Dia berpendapat, makanan dengan kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 25.000 akan memiliki target pasar yang lebih besar. Dia  juga menilai, produk dengan kategori baru akan semakin menarik perhatian.

“Di tengah pandemi muncul beberapa brand baru. Namun demikian ada yang tidak sukses juga karena tidak memiliki faktor pembeda dan salah dalam pemilihan target market,” terang Djoko.

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) pun berpendapat bahwa bisnis waralaba yang masih bisa tertahan saat ini adalah produk food and  beverage khususnya di tengah berbagi pembatasan sosial.

“Sampai dengan saat ini bisnis yang masih bisa survive adalah F&B, dimana masih bisa dibuka untuk take away atau delivery. Dan bisnis F&B bisa terus bertumbuh dengan semakin banyaknya pelaku bisnis F&B,” tuturnya.

Peluang Bisnis Kuliner 2021

GoFood by Gojek salah satu layanan pesan antar makanan, memprediksi sejumlah kuliner yang akan laris pada 2021. Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan terdapat tiga menu kuliner yang diprediksi akan digemari pada tahun ini.

“Tiga menu kuliner yang diprediksi akan laris pada 2021 adalah dessert box dengan berbagai varian dan kemasan yang unik, makanan dan minuman berbahan dasar Milo, dan rice bowl dengan berbagai topping,” kata Catherine dalam pernyataan tertulisnya pada awal tahun ini.

Catherine juga menjelaskan, prediksi tersebut berdasarkan tingkat jumlah pesanan serta jumlah pencarian di penghujung 2020. Ia menuturkan bahwa prediksi tersebut dapat menjadi inspirasi bagi para mitra usaha yang tengah mempersiapkan kreasi menu andalan pada 2021. (red/rifki)

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
220SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

Suara Tokoh