Selasa, Maret 19, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Indonesia Industry Outlook (IIO) 2021: Riset Peta Bisnis 40 Industri Pasca Pandemi

- Advertisement -

Suarapemerintah.id – Inventure menggelar Indonesia Industry Outlook (IIO) 2021 yang menampilkan kajian riset dan prediksi peta bisnis dari para pemimpin di 40 industri dari banking hingga otomotif, dari pariwisata hingga UKM. IIO 2021 adalah industry conference pertama dan paling komprehensif yang mengombinasikan ketajaman analisis riset (primer-sekunder) di 40 industri dengan kejelian business wisdom para CEO dalam meramal peta bisnis tahun 2021.

IIO 2021 menjadi panduan bagi pelaku industri dalam melakukan 3R: Reimagine-Recover-Regain untuk membalik krisis menjadi peluang di tahun 2021. IIO 2021 didukung oleh riset perilaku konsumen terhadap 1000 responden (Agustus-September 2020) di masing-masing 40 industri dari banking, otomotif, retail, transportasi, hotel, hingga UKM. Seluruh hasil riset ini ditulis dalam bentuk buku berjudul Indonesia Industry Outlook 2021: Peta Bisnis 40 Industri Pasca Pandemi.

- Advertisement -

Berikut peta industri pasca pandemi mengutip hasil riset Inventure:

Optimis Mengenai Berakhirnya Krisis Pandemi

- Advertisement -

Meskipun pendapatan masyarakat Indonesia mengalami penurunan namun menariknya rasa optimisme masyarakat terhadap pemulihan ekonomi mengalami peningkatan. Dari 1.121 responden, sebesar 47,2% menyatakan optimis pandemi COVID-19 berakhir di akhir tahun 2020. Sedangkan sebesar 51,4% mengatakan bahwa kondisi keuangan mereka akan kembali normal pada akhir tahun 2021.

Digital Payment Mengalami Peningkatan

- Advertisement -

Pertumbuhan digital payment di masa pasca-pandemi akan terus mengalami peningkatan. Hasil riset yang dilakukan Inventure, menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 mendorong pembayaran secara cashless, cardless dan contcatless menjadi prioritas konsumen saat bertransaksi.

“Di tahun 2021, adopsi konsumen terhadap digital payment akan mengalami fase kritikal dimana cara transaksi baru ini bakal menjadi mainstream di area urban,” kata Yuswohady, Managing Partner Inventure.

Mobil Bekas Naik Kelas

Survei yang dilakukan Inventure, sebanyak 82,9% responden mengatakan setuju bahwa mobil pribadi adalah kendaaran yang paling aman di masa pandemi.

Tak mengherankan jika sekitar 53,1% konsumen Indonesia mengatakan, dalam kurun waktu 6 bulan setelah vaksin diproduksi mereka akan membeli mobil.

“Ini merupakan sinyal positif bagi kalangan industri otomotif untuk bangkit di tahun 2021, setelah tahun ini kinerja perusahaan otomotif berdarah-darah,” ujar Yuswohady, Managing Partner Inventure.

Orang Tua Masih Khawatir Sekolah Dibuka Kembali

Transisi pembelajaran dari offline ke online selama pandemi akan terus diadopsi di masa next normal. Hasil riset yang dilakukan Inventure menyebutkan bahwa 67,8% responden dari 441 responden mengatakan setuju. Alasannya meskipun vaksin sudah diproduksi, sekolah tatap muka masih belum memungkinkan mengingat masih ada potensi penularan virus yang sangat besar.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,570PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview