SuaraPemerintah.id – Evangeline, brand parfum milik Griff Kosmetik ini tengah menjadi perbincangan para generasi milenial khususnya kaum hawa. Evangeline menghadirkan inovasi parfum yang berbeda dari parfum yang sudah ada. Evangeline hadir dengan beragam varian yang disesuaikan dengan karakter wanita Indonesia. Selain harganya yang ekonomis, Evangeline juga tampil dengan packaging yang elegan dan modern.
PT Griff Prima Abadi (Griff Kosmetik) setelah berkembang dengan berbagai produk dan brand kosmetik sejak tahun 1993, kini juga meluncurkan produk parfum yang inovatif untuk wanita milenial Indonesia. Menggunakan nama brand Evangeline, Griff Kosmetik berhasil mendobrak pasar parfum Indonesia. Dalam waktu singkat Evangeline telah menjadi brand parfum yang sangat populer terutama bagi generasi milenial.
National Business Manager PT Griff Prima Abadi Dyah Kartika, S.Kom, mengatakan bahwa kehadiran Evangeline ingin menjadi jawaban akan kebutuhan parfum bagi wanita khususnya kaum milenial Indonesia.
“Evangeline hadir dengan konsep baru baik dari segi produk, kemasan, juga branding yang dilakukan. Evangeline memiliki berbagai varian series yang disesuaikan dengan karakter penggunanya dan juga karakter wanita Indonesia pada umumnya. Secara kemasan kami menggunakan botol kaca dengan tampilan yang elegan dan modern,” kata Dyah.
Menggunakan tagline ‘Everyday Evangeline’, parfum ini telah meluncurkan beragam varian series dimana tiap series memiliki aroma yang berbeda. Kelebihan utama dari parfum Evangeline, selain harganya yang ekonomis, adalah keharuman yang tahan lama dan disesuaikan dengan kecocokan karakter penggunannya.
Misalkan saja Evangaline Zodiac Series yang menampilkan produk parfum yang disesuaikan dengan karakter pengguna sesuai zodiaknya. Keharuman di Evangeline Zodiac Series merupakan hasil riset dari kecocokan keharuman yang disukai oleh masing-masing karakter di tiap zodiak. Sesuai dengan jumlah zodiak, Evangaline Zodiac Series memiliki 12 varian parfum.
Evangeline juga telah meluncurkan Evangeline Kawaii Series yang cocok untuk para remaja yang baru menggunakan parfum. Disajikan dengan tampilan yang lucu dan imut, keharuman parfum Kawaii Series juga membuat penggunannya merasa lebih segar, nyaman, dan tentunya harum sepanjang hari.
Evangeline series lainnya seperti Batik Series dan Sakura Series juga masih booming dan semakin banyak yang menggunakan series parfum tersebut. Menyasar kaum hijaber, Evangeline juga telah meluncurkan parfum Evangeline Hijab Series. Series Evangeline terbaru adalah Eaue De Cologne dengan varian yang berbeda juga tingkat ketahanan keharuman yang berbeda. Tiap series memiliki beragam varian dengan aroma parfum yang berbeda.
“Evangeline sengaja menghadirkan berbagai varian aroma agar pengguna tidak bosan menggunakan aroma yang sama. Sesuai tagline kami ‘Everyday Evangeline’, wangi setiap hari dengan aroma yang berbeda dari Evangeline,” ujar Dyah.
Dyah mengungkapkan sejak diluncurkan, Evangeline selalu mengalami peningkatan penjualan. Hal tersebut terbukti dari bertambahnya pengguna baru dan pembelian berulang dari pengguna lama. Penetrasi pasar dilakukan di segala lini channel penjualan, baik di ranah offline maupun online. Di ranah offline, Evangeline telah hadir baik di modern trade, tradisional, cosmetic store, health and bauty store, hingga apotik.
Di ranah online, penjualan Evangeline juga terbukti mengalami peningkatan. Terbukti dari official store-nya yang mencatat pertambahan penjualan setiap saat. Official store Evangaline juga telah masuk ke jajaran TOP Official Store bersama brand-brand besar lainnya.
Hasil data dari riset TRAS N CO Indonesia mencatat dalam waktu 3 tahun official store Evangeline telah melakukan penjualan hingga 70 ribu lebih produk melalui dua marketplace teratas. Tidak hanya itu, produknya pun telah direview oleh lebih dari 65 ribu pelanggan dengan rating rata-rata 4,85. Berkat capaian tersebut, Evangeline meraih penghargaan Top Official Store Award 2021 dari TRAS N CO Indonesia dan media INFOBRAND.ID.
“Penjualan hampir merata di semua series, meskipun ada beberapa yang menonjol. Saat pandemi ada penurunan secara nasional tapi di channel modern trade, Evangeline justru meningkat hingga 2 digit,” ungkap Dyah.
Dyah menambahkan bahwa Evangeline akan terus menghadirkan inovasi varian series baru setiap tahun. Juga akan terus melakukan penetrasi pasar agar makin banyak pengguna yang merasakan kualitas produk Evangeline.
Untuk kegiatan branding dan promosi, Evangeline banyak menggunakan para influencer dan media sosial dari kalangan milenial. Sehingga sesuai dengan target marketnya yaitu kaum muda milenial, Evangeline bisa dengan cepat melakukan penetrasi. Didukung oleh kualitas produk dan tampilan kemasan yang elegan dan modern, Evangeline berhasil memikat konsumen hingga menjadi pengguna yang loyal.
“Meskipun menyasar pasar anak muda, tapi pengguna Evangeline juga tidak sedikit yang berusia 35 tahun ke atas. Ini karena Evangeline memiliki aroma yang disesuaikan dengan karakter penggunanya dan juga cocok untuk wanita Indonesia. Selain itu Evangeline dibandrol dengan harga yang sangat ekonomis,” ungkap Dyah.