Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Foto dan Nama Jalan Para Pejuang Riwayatmu Kini

- Advertisement -

SuaraPemerintah.ID– Apakah kita masih ingat nama-nama pahlawan Indonesia?. Ya, minimal nama pahlawan sering dipajang didinding-dinding ruang sekolah. Biasanya, tiap ajaran baru foto para pahlawan ditata rapih berjejer di tembok berwarna putih, sehingga anak baru masuk sekolah langsung tertuju dengan deretan foto tersebut. Seperti pandangan pertama, anak sekolah menjadi kenal siapa mereka?. oh, mereka itu para pahlawan kemerdekaaan. Begitulah kira-kira yang muncul dibenaknya.

Para pahlawan tersebut berjuang saat kemerdekaan Republik Indonesia dengan segenap jiwa dan raga, tumpah dara, tanah air Indonesia demi Indonesia Merdeka. Di sekolah-sekolah, foto familiar kita lihat biasanya ada Jenderal Ahmad Yani, Cut Nyak Dien, Pangeran Dipenegoro, Raden Saleh, Imam Bonjol dan beberapa pahlawan lainnya. Meski kita tidak hapal secara keseluruhan. Namun sangat membantu pengetahuan sejarah siapa saja berjasa dalam kemerdekaan NKRI.

- Advertisement -

Era 80-an sampai 90-an mungkin sekolah diwajibkan memasang gambar (foto) pahlawan nasional dari berbagai daerah, selain foto presiden dan wakil presiden RI. Baik di sekolah negeri maupun di sekolah swasta.

Bahkan ditembok sekolah madrasah, pesantren juga masih sering dijumpai foto wajah para pahlawan. Tujuannya hanya satu, agar generasi muda tahu, siapa saja pahlawan berjasa berkorban, berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Jiwa nasionalime tumbuh, kecintaan Indonesia juga tertanam dilubuk hati para pelajar sekolah. Ada rasa bangga, hormat dan takjub saat membaca kisah dari ringkasan perjalanan sang pahlawan tersebut.

- Advertisement -

Itu dulu. Kalau sekarang kabarnya bagaimana?. Krisis patroitik dan nasionalisme dirasakan para pelajar. Coba saja tanya salah satu pahlawan nasional ada di Indonesia. Mikir dulu, baru jawab sekenanya kemudian. Tidak semua pelajar seperti itu, ada juga pelajar masih punya wawasan kebangsaan, tapi sedikit.

Makanya, Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, sempat viral dialog anak sekolah dengan Jokowi, bisa menjawab dapat sepeda. Jika Jokowi berkunjung ke sekolah-sekolah, pasti ada pertanyaan menggelitik dan jenaka dilontarkan. Hal ini dilakukan Jokowi agar para generasi muda Indonesia menjaga indentitas bangsa, ingat siapa tokoh-tokoh Indonesia, tidak ketinggalan informasi, tidak malas belajar, tidak ketergantungan gatget.

- Advertisement -

Nah, ada lagi unik, bukan hanya foto pahlawan, soal nama-nama jalan di Jakarta, mungkin Pahlawan Jenderal Sudirman beruntung, ada monumen patung di jalan protokol. Sehingga setiap orang lewat pasti bertanya. “Patung siapa itu,” tanya anak pada Bapaknya. “Itu Nak, Patung Jenderal Sudirman, salah satu pahlawan kemerdekaan,” jawab sang Ayah.

Coba, bagaimana dengan pahlawan lainnya tidak ada patung, apalagi fotonya. Apakah mereka masih mau kenalan dengan para pahlawan bangsa Indonesia, negeri kita cintai ini. Apalagi disuruh membaca buku sejarah, rasanya butuh “kerja keras”. Pasalnya Indonesia budaya literasi masih dibawa garis ‘kemapanan’.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,680PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview