Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Daftar PTN Ini Bebas Uang Pangkal di Jalur Mandiri 2024

- Advertisement -

SSPU merupakan persentase solidaritas dari keluarga mahasiswa yang lebih mampu untuk membantu mahasiswa lain yang lebih membutuhkan. Hasilnya, mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi tetap dapat kuliah di UGM dengan UKT Rp 0.

3. Universitas Sriwijaya (Unsri)
Mahasiswa baru jenjang sarjana dan diploma Unsri jalur ujian saringan masuk bersama (USMB) hanya akan dikenakan biaya UKT tanpa uang pangkal. Menjadi pengecualian bagi mahasiswa jurusan kedokteran yang tetap membayar Biaya Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp 200 juta, lalu biaya Preklinik sebesar Rp 30 juta per semester, kemudian biaya klinik sebesar Rp 45 juta per semester.

- Advertisement -

4. Universitas Terbuka (UT)
UT tak memiliki uang pangkal di jalur mandiri. Karena sistem kuliahnya merupakan jarak jauh, maka di UT pembayarannya menggunakan Sistem Paket Semester (SIPAS) yang terintegrasi dengan materi kuliah. Ada juga non-SIPAS, dimana mahasiswa membayar sesuai materi kuliah yang dipilih secara mandiri.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
ITS juga membebankan mahasiswa dengan biaya uang pangkal jalur mandiri, namun hanya berlaku di jalur seleksi prestasi.

- Advertisement -

Seleksi ini tidak dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), dan juga untuk program studi yang sudah terakreditasi A atau Unggul dapat didaftar oleh pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

6. Seluruh Kampus PTKIN
Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tidak menerapkan uang pangkal di jalur mandiri. Hal ini sejalan dengan Keputusan Menteri Agama 2023, PTKIN dilarang memungut uang pangkal.

- Advertisement -

Kampus PTKIN yang tidak membebani uang pangkal yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah TInggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Cek Artikel dan Berita yang lainnya di Google News

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,680PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview